✅Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Tidak Terbaca di Windows 10✅

Posted on 19 views

Bagaimana cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca di Windows 10? Banyak sekali user atau pengguna PC menggunakan hardisk external karena ingin membackup data-data pribadi. Ada banyak data-data penting dari hardisk internal yang tersimpan di sana. Terkadang juga para user mengalami penyimpanan hardisk internal yang penuh sehingga membutuhkan hardisk external untuk menyimpan data-data.

Namun banyak user yang mengalami kegagalan pada saat hardisk external di hubungkan ke PC contohnya seperti kasus yang banyak dialami oleh pengguna komputer yaitu hardisk external yang tidak terbaca oleh operating system (OS), hardisk external tidak terdeteksi oleh PC. maka dari itu wasiswa.com akan mengulas tentang bagaimana cara memperbaiki Hardisk External yang tidak terbaca di windows 10.

Penyebab Hardisk External yang tidak terbaca di windows 10 ada beberapa kemungkinan kesalah seperti tidak ada partisi, hardisk external berstatus unknown not initialized, adanya virus yang menyerang hardisk external, kerusakan pada hardisk external, dan sebagainya.

Inilah Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca Di Windows 10

Dengan Metode Disk Management

Berikut ini cara memperbaiki Hardisk External yang tidak terbaca di windows 10 diantaranya mengecek partisi. Cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca di windows 10 yang pertama adalah mengecek partisi di windows 10. Adapun step by stepnya sebagai berikut. 

  • Langkah pertama masuk ke Disk Management dengan cara klik kanan pada logo windows setelah itu pilih menu menu Disk Management.

Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Tidak Terbaca di Windows 10_1

  • Langkah kedua pilih partisi hardisk external kemudian klik kanan dan pilih menu Change Drive Letter and Paths lalu masukan Driver Letter sesuai yang diinginkan. Lalu Klik Ok dan partisi hardisk external sudah terbaca  di PC

Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Tidak Terbaca di Windows 10_2

Dengan Menggunakan bantuan software pihak ketiga

Cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca di windows 10 yang kedua adalah status hardisk Unknown Not Initialized, hal ini disebabkan karena operasi sistem (OS) yang digunakan menggunakan tipe MBR sedangkan hardisk external menggunakan tipe GPT sehingga membuat hardisk external tidak terbaca di operasi sistem. Berikut langkah – langkah untuk merubah tipe hardisk external GPT ke MBR maupun sebaliknya :

  • Langkah pertama instal software pihak ketiga untuk membantu perubahan tipe GPT ke MBR, seperti software EASEUS Partition Master

Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Tidak Terbaca di Windows 10_6

Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Tidak Terbaca di Windows 10_7

  • Langkah kedua setelah masuk ke software pihak ketiga pilihlah nama partisi hardisk external, setelah itu klik kanan pada partisi hardisk external tersebut lalu pilih menu Convert GPT to MBR , setelah selesai maka hardisk akan bertipe MBR dan bisa diberi partisi dengan cara yang sebelumnya.

Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Tidak Terbaca di Windows 10_8

Dengan Metode scanning menggunakan antivirus

Cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca di Windows 10 berikutnya adalah virus, virus yang ada di hardisk external bisa didapatkan dari situs – situs yang tidak percaya dan mendownload file dari situs yang tidak terpercaya sehingga virus bisa masuk Operasi Sistem (Windows) dan membuat hardisk tidak terbaca di windows. Berikut ini cara mengatasi agar virus tidak menyerang hardisk external

  • Langkah pertama install software antivirus seperti Smadav, Avast, Avira, dll. Operasi Sistem windows 10 juga memberikan software antivirus yang bernama Windows Defender. Setelah menginstall software antivirus jangan lupa untuk selalu update software antivirus agar virus lebih susah untuk masuk ke Operasi Sistem atau menyerang hardisk internal maupun external.
  • Langkah kedua melakukan scan pada Operasi Sistem secara berkala agar user mengetahui mengetahui adanya virus di Operasi Sistem atau tidak. Sehingga Operasi Sistem khususnya Windows 10 terjaga dan terlindungi dari virus.

Dengan cara membongkar hardisknya

Cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca di windows 10 berikutnya adalah dengan memeriksa kerusakan. Hardisk mempunyai beberapa komponen didalamnya seperti piringan hardisk, port hardisk, dan sebagainya.

Penyebab hardisk external tidak terbaca di windows 10 salah satunya ialah piringan hardisk yang rusak bisa disebabkan karena jatuh terhempas. Karena hardisk yang sudah lama dipakai, serta hardisk yang terlalu lama tidak digunakan sehingga tidak bisa terdeteksi atau terbaca di Operasi Sistem (Windows).

Jika sudah mengalami kerusakan seperti ini sebaiknya para user atau pengguna PC membeli hardisk yang baru. Itulah beberapa cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca di windows 10 beserta penyebabnya yang singkat jelas dan padat.