elektronika

Mengenal lebih dekat siapa itu ESP32

Ketika kita belajar internet of things untuk praktek dan implementasinya biasanya menggunakan ESP8266.kali saya tidak akan membahas ESP8266 tetapi saya akan membahas penerusnya yaitu ESP32 yang mempunyai fitur baru yaitu menggabungkan antara bluethoot dan WIFI secara nirkabel.

Untuk jenis dari esp32 ini sangat banyak sekali untuk lebih detilnya anda bisa mengunjungi situsnya langsung di esp32.net.Anda bisa membandingkan fitur dan perbedaan dari ESP32 ini.

tapi untuk tutorial ini saya akan menggunakan jenis ESP32 DEVKIT V1 DOIT board.dan berikut ini adalah beberapa tipe dari ESP32

jenis esp32

nanti saya akan menjelaskan lebih detil tentang esp32 ini baik dari segi fitur serta perbandingan dengan jenis esp32 lainya.serta jenis esp32 mana yang cocok untuk tutorial ini.

Feature

kali saya akan membahas terlebih dahulu jenis esp wroom 32.mikrokontroller ini membutuhkan tegangan sumber sekitar 3,3 volt supaya bisa beroperasi.Untuk memprogram jenis esp ini bisa langsung anda hubungkan juga dengan komputer / laptop tanpa membutuhkan FTDI programer.

esp wroom 32

ESP ini mempunyai dua tombol di boardnya yaitu tombol enable dan tombol boot.

tombol esp32

fungsi tombol enable adalah untuk reboot atau restart esp32.misalnya jika anda menekan tombol boot kebawah dan menekan tombole enable maka sistem akan mereboot ke dalam mode pemrograman.

SPECS

berikut ini adalah specs dari ESP32 :

  • ESP32 ini mempunyai prosesor dual core , artinya mempunyai dua prosesor
  • Mempunyai wifi dan bluetooth di boardnya
  • 32 bit
  • Frekeunsi clocknya 240Mhz dan mempunyai ram 512 kB
  • ESP32 ini mempunyai 30 pins ( 15 pin di setiap sisi) versi yang terbaru mempunyai 36 pin
  • Support untuk : Capacitive touch, DAC, ADC, SPI, I2C, UART dan masih banyak lagi

specs esp32

PIN ESP32

dibawah ini adalah gambaran pin eps32.supaya anda hapal pin-pin dari esp32 saya sarankan untuk minyimpan gambar dibawah ini atau bisa juga print gambarnya.

pin esp32

Jenis bahasa Pemrograman

ESP32 ini bisa diprogram dengan berbagai jenis bahasa pemrograman.kita bisa menggunakan arduine IDE, ESpressif (IOT development Framework), Micropython, JavaScript, LUA, dll.tapi pada tutorial ini saya akan menggunakan Arduino IDE

Demikian sekilas tentang apa itu ESP32 untuk selanjutnya saya akan membahas bagaimana caranya mensetting ESP32 di Arduino IDE.silhkan saja klik tombol dibawah ini untuk melihat pembahasannya.

tombol

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!