Sep 1, 2020
4 Views

Mengenal tentang data transmisi

Written by

Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari server ke client atau dari transmitter ke receiver dengan menggunakan media transmisi baik secara guided ataupun unguided.perlu digaris bawahi juga data ditransmisikan dalam bentuk gelombang elektromagnetik.

Apa yang dimaksud engan media guided dan unguided.media guided adalah salah satu media yang digunakan adalah kabel seperti twisted pair, coaxial dan fiber optic.kemudian unguided media adalah suatu media yang mentransmisikan data dengan cara broadcast.

Pengiriman data ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Maksudnya adalah jika jarak yang digunakan tidak terlalu jauh maka kita bisa langsung mentrasmisikan data dari transmitter ke receiver.jika jarak antara transmitter dan receiver jauh maka bisa menggunakan media tambahan seperti amplifier atau repeater.fungsi dari amplifier dan repeater ini adalah untuk mengkuatan sinyal yang dikirim oleh transmitter.

Selain media transmisi hal yang tidak kalah penting lagi adalah tentang metode tranmisi data ini bisa menggunakan metode simplex, half duplex atau full duplex.

Berdasarkan karakteristiknya , sinyal diklasifikasi menjadi 2 tipe utama yaitu sinyal analog dan sinyal digital berikut ini adalah gambaran klasifikasinya.

Sinyal elektromagnetik jika dilihat dari fungsi waktu dapat berupa sinyal analog dan sinyal digital.sinyal analog adalah suatu sinyal yang bentung gelombangnya kotinyu serta mempunyai dua parameter utama yaitu amplitude dan frekuensi.

  • Amplitudo adalah nilai tinggi dan rendahnya tegangan pada gelombang analog
  • Frekunesi merupakan jumlah gelombang sinyal analag tiap detik.
  • Phase adalah nilai sudut dari sinyal analog dalam satu periode

Sinyal analog ini mempunyai bentuk gelombang sinusoidal dan salah satu keuntungan dari sinyal analog adalah bisa mentransmisikan data dalam jarak yang jauh.

Kecepatan dari gelombang sinyal analog disebut hert(HZ) yang diukur dalam tiap detiknya.misalnya dalam satu detik 20 gelombang di transmisikan, maka bisa disebut 20 Hz

Contoh lainya dari sinyal analog seperti siaran televise dan radio.sinyal analog ini system transmisinya agak lambat dengan mudah terjadinya noise dibandingkan dengan sinyal digital.

Supaya sinyal analog ini mempunyai gain yang tinggi bisa menambahkan amplifier, tetapi dengan penambaah amplifier ini otomatis noise pada jalur transmisi juga akan bertambah.

Sinyal digital adalah adalah sinyal yang tidak kontinyu dan dan biasanya sinyal ini akan menghasilkan kombinas nilai 0 dan 1 dalam setiap periodenya.sinyal digital ini tidak mudah terpengaruh oleh noise, sehingga transmisinya lebih mudah cepat dan akurat, tetapi kelemahannya adalah jangkauan dari sinyal ini sangat terbatas.

Ciri-ciri sinyal digital :

  • kecepatannya sangat tinggi karena bisa ditansmisikan dengan kecepatan cahaya
  • data bisa dimodifikasi dan diproses ke berbagai bentuk lainya
  • Bisa mengirimkan data dalam jumlah yang besar

Keunggulan dari sinyal digital

  • Biaya teknologi digital lebih murah, kemudian reabilitynya tinggi serta mempuyai konsumsi daya yang rendah
  • Kualitas komunikasi yang baik karena tidak tergantung dengan jarak
  • Teknologi ini menawarkan fleksibilitas
  • Dengan teknologi digital bisa menyediakan berbagai macam layanan
Article Categories:
elektronika

Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Comments to Mengenal tentang data transmisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!