Pakai Hardisk Eksternal, Ini Cara Instal Game Steam yang Mudah

Pakai Hardisk Eksternal, Ini Cara Instal Game Steam  yang Mudah

Posted on

Jika Anda merupakan seorang gamer PC, tentu Anda sudah paham tentang kehadiran platform Steam untuk jual beli game PC tersebut.

Ya, Steam termasuk salah satu platform jual beli game PC terbaik saat ini yang sangat populer dengan berbagai macam fiturnya.

Jumlah orang yang mengakses Steam bahkan dari waktu ke waktunya senantiasa bertambah. Jika Anda termasuk salah satu pengguna game Steam,

tentu akan tiba masanya Anda mengalami masalah instalasi game di HDD yang kesulitan karena kapasitas HDD yang sudah mencapai batas. Lantas, adakah cara mengatasinya?

Tenang saja. Disini kami akan berikan informasinya untuk Anda mengenai bagaimana cara install game Steam yang cukup mudah bahkan dengan hardisk eksternal. So, check these out!

Cara Instal Game Steam Pakai Hardisk Eksternal yang Mudah

Kapan saja Anda menginstal game dari Steam, target folder instalasi secara otomatis akan diarahkan ke lokal disk C:/program files (x86)/steam/steamapps. Direktori folder ini secara perlahan  – lahan akan semakin besar secara volume.

Hal tersebut yang akan menjadi penyebab penuhnya HDD internal Anda dari waktu ke waktu.

Nah, untuk mengakali kapasitas HDD internal yang semakin lama semakin tipis, Anda bisa melakukan instalasi  game Steam ke HDD eksternal melalui langkah – langkah berikut ini :

  • Pertama – tama buka Steam Library Anda
  • Setelah itu pilih game yang ingin diinstal
  • Klik tombol install
  • Kemudian pilih folder di bagian HDD eksternal di menu dropdown pada bagian choose location to install. Setelah itu instalasi seperti biasa

Dengan Anda melakukan tahap instalasi seperti langkah – langkah diatas, maka semua berkas game Steam akan diinstal di HDD eksternal.

Hal tersebut yang akan menghemat kapasitas HDD internal Anda untuk berkas instalasi program lain yang sifatnya lebih esensial.

Nah, jika kemudian Anda sudah memiliki game yang terinstall di HDD internal sementara itu Anda ingin memindahkannya ke HDD eksternal, Steam memiliki fitur untuk itu.

Fitur yang diberikan oleh Steam adalah untuk memindahkan berkas instalasi  ke drive mana saja yang Anda mau, termasuk bagian HDD eksternalnya.

Dalam rangka memindahkan berkas instalasi game Steam ke bagian HDD eksternal, lebih dulu Anda harus menambahkan folder HDD eksternalnya sebagai Steam Library Folder melalui cara berikut ini :

  • Di bagian Steam Client, klik menu Steam kemudian pilih Settings, pilih Downloads dan pilih Steam Library Folder
  • Pada bagian dialog box, klik tombol Add library folder, kemudian arahkan target folder ke direktori HDD eksternal yang Anda mau. Misalkan di bagian direktori E:/GameSteam/[nama folder game]

Selanjutnya, Anda bisa lanjut ke tahap memindahkan berkas instalasi game. Langkah – langkahnya yang Anda perlu lakukan sebagai berikut :

  • Pertama – tama buka steam library
  • Kemudian pilih game yang ingin dipindahkan ke HDD eksternal
  • Klik kanan, pilih properties, pilih local files dan pilih move install folder
  • Pada dialog box yang muncul, Anda perlu arahkan target folder di bagian HDD eksternal yang memang sudah Anda atur sebelumnya
  • Nah, nantinya proses pemindahan folder game akan berjalan kemudian game yang Anda miliki bisa segera Anda jalankan dari folder HDD eksternal Anda.

Itulah cara install game Steam yang mudah dengan menggunakan hardisk eksternal. Selamat mencoba tutorial diatas dan semoga sukses!

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com