asetdigital

Bingung menentukan profile anda? trading vs investing???

Bingung menentukan tipe trading atau investing ini biasa terjadi Ketika kita awal-awal memulai terjun di dunia pasar modal.oleh karena itu sekarang banyak bersliweran di media social Ketika membeli sebuah asset digital ( saham, crypto, komoditas, forex) Ketika nyangkut ngomongnya investor.

Hal yang penting dilakukan sebelum terjun ke dunia pasar modal yaitu anda harus menentukan dulu kira-kira profile saya seorang trader atau investor.bisa tidak ya kita menjadi seorang investor atau trader secara bersamaan.

Sebenarnya boleh-boleh saja Ketika masuk didunia pasar modal anda menjadi seorang trader dan seorang investor, tapi saran saya Ketika anda memutuskan menjadi seorang trader atau investor cara yang paling gampang adalah silahkan memisahkan capital anda, mana yang akan digunakan untuk investing dana capital yang digunakan untuk trading

Saya akan share tentang perbedaan antara trading dan investing menurut saya pribadi, untuk menentukan profile sebagai investor atau trader ini bisa diambil dari beberapa sudut pandang misalnya saja dari waktu yang digunakan.

Investing

Investing adalah salah satu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang di dalam pasar modal untuk membeli asset digital(cryptocurrency, saham, komoditas, foreign exchanger) dalam jangka waktu tertentu.salah satu ciri dari investing ini biasanya dilakukan minimal 1 tahun.

Keuntungan dari investing ini adalah kita tidak perlu terlalu sering mengamati chart pergerakan harga setiap harinya alias lebih santuy dari pada kita melakukan trading.tapi kita dalam investasi kita memerlukan kesabaran serta harus melakukan riset mendalam tentang asset yang akan kita beli nanti.sehingga kita lebih mementingkan Analisa fundamental dibandingkan dengan Analisa teknikal.

Sebenarnya dari ilustrasi diatas kita sudah bisa menyimpulkan apakah kita seorang investor atau trader.ketika anda tidak sabar Ketika harga turun naik, maka anda seorang trader.atau Ketika harga naik sedikit anda sudah kepingin jualan, maka anda seorang trader.

Berikut ini adalah contoh dari investasi :

  • Kita membeli sebuah rumah, kemudian 10 tahun lagi kita jual
  • Membeli sebuah saham misalnya saham ANTM ( PT Aneka tambang) ditahun 2015 kemudian anda jual di tahun 2021.
  • Misal anda membeli asset crypto bitcoin di tahun 2017 kemudian anda jual di tahun 2020
  • Membeli emas di tahun 2007 dan kemudian dijual ditahun 2021

Trading

Trading adalah salah satu kegiatan jual beli asset digital di pasar modal dalam jangka waktu tertentu dan biasanya kurang dari 1 tahun.

Berikut ini adalah jenis trading berdasarkan waktu yang digunakan

  • Position Holding

    kegiatan jual beli asset yang dilakukan dalam jangka waktu Panjang kurang dari 1 tahun dan biasanya asset ini akan di hold bisa dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan kemudian baru dijual.tipe ini perlu pengetahuan Analisa fundamental lebih banyak dibandingkan dengan Analisa teknikal dan jenis trading ini biasanya dilakukan oleh seorang fund manager.

Contoh :

  1. Membeli sebuah asset (crypto, saham, komoditas) kemudian kita jual 3 bulan lagi.
  • Swing trading

    Aktifitas trading yang dilakukan dalam rentang waktu beberapa hari hingga beberapa minggu

Contoh :

  1. Beli bitcoin tanggal 1 kemudian dijual di tanggal 15
  2. Beli saham ANTAM tanggal 1 kemudian dijual di tanggal 30

Swing trading ini memerlukan sebuah kesabaran lebih dibandingkan dengan daytrading selain itu swing trading memerlukan Analisa teknikal lebih banyak( price action).Biasanya swing trading ini dilakukan oleh seseorang yang pekerjaan utamnya bukan seorang full time trader.

  • Daytrading

Salah satu aktifitas trading dalam waktu beberapa jam, biasanya trading ini dilakukan di hari yang sama atau makasimal bisa 1-2 hari kemudian asetnya dijual.tipe daytrade ini sangat dominan menggunakan teknikal analisis dibandingkan dengan Analisa fundamental.perlunya manajemen resiko yang baik dengan psikologi yang baik juga.biasanya juga daytrade ini lebih banyak yang menggunakan leverage atau derivatif

Contoh :

  1. Beli bitcoin jam 8 pagi kemudian dijual jam 9 malam
  2. Beli Saham Antam jam 9 pagi kemudian dijual jam 15
  • Scalping : Kegiatan trading dengan cara hit dan run yaitu kegiatan jual beli dalam waktu yang sangat cepat.misalnya melakukan jual beli dalam tempo waktu 15 menit.biasanya jenis trading ini mencari asset-aset yang volatilitasnya sangat tinggi serta mempunyai resiko yang besar dibandingkan dengan jenis trading yang lain.selain itu dalam melakukan scalping ini pengetauan tentang price action wajib anda kuasai.

Contoh :

  1. Beli saham ANTAM jam 9.10 kemudian dijual jam 9.25

Selain itu trading ini bisa diklasifikasikan berdasarkan asset yang diperjual belikan.berikut ini adalah 4 faktor perbedaan investing dan trading.

  1. Resiko investing VS trading

investing Trading
·         Jual beli asset dalam jangka waktu yang Panjang

·         Resiko lebih rendah

·         Jual beli asset dalan jangka waktu yang pendek

·         Resiko lebih tinggi

  1. Periode waktu investing vs trading

Investing Trading
·         Goalnya adalah menumbuhkan asset

·         Waktunya bisa bertahun-tahun

·         Mendapatkan gain dalam jangka waktu pendek

·         Pembelian asset bisa dalam hitungan menit

  1. Gain investing vs trading

investing trading
·         Prosentase return lebih besar

·         Lebih kearah pasif income seperti deviden,staking,dll

·         Prosentasi lebih kecil

·         ntuk menumbuhkan modal dibutuhkan Analisa setiap hari

  1. Tipe Analisa investing vs trading

Investing trading
·         Analisa fundamental

·

·         Analisa teknikal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!