Cara memanfaatkan google drive dan fitur-fiturnya

Posted on

google drive merupakan salah satu cloud storage yang disediakan google secara gratis dengan kapasitas 15GB.anda bisa menyimpan berbagai jenis file di google drive ini. dan merupakan salah satu solusi juga ketika sewaktu-waktu kita membutuhkan file penting, yg selama ini biasanya kita menggunakan hardisk atau flash disk.

kita bisa upload dan download semua file yang ada di google drive dengan catatan kita harus terkoneksi dengan internet ketika mengaksesnya.u

bagaimana jika file saya lebih dari 15GB, apakah bisa tetap menggunakan google drive.jawaban dari pertanyaan tersebut bisa aja, tetapi anda harus membayar jika menggunakan google storage lebih dari 15GB.

untuk berapa harganya jika mau menggunakan google cloud storage, maka bisa membaca artikel saya sebelumnya yang membahas tentang itu harga google cloud store.

cara mengakses google drive ini terbilang sangat mudah yaitu bisa melalui website, bisa melalui mobile atau handphoe dan bisa juga menggunakan desktop komputer.

pada artikel kali ini saya akan membahas tentang apa saja fitur-fitur yang ada di google drive, nantinya saya akan mempraktekan cara penggunaan google drive melalui website, desktop dan handphone.

Cara Upload dan download file di google drive

sebelum anda melakukan upload dan download file di google drive , langkah awal yang harus dilakukan adalah silahkan anda menuju laman google drive ==> drive.google.com.

syarata utama supaya bisa mengakses google drive adalah harus mempunyai email gmail.bagi anda yang belum mempunyai email dari google bisa baca artikel sebelumnya cara membuat akun gmail.

langsung saja silahkan buka browser kemudian ketik drive.google.com, ketika anda sebelumnya sudah login menggunakan email maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.tapi ketika anda belum login ke mail, maka anda harus inputkan username dan password email gmail baru muncul gambar dibawah ini.

Cara upload file

google drive interface

gambar diatas adalah tampilan ketika kita membuka google drive pertama kali.dan tampilan diatas diakses menggunakan browser chrome ( menggunakan website).

berdasarkan gambar diatas anda bisa memperhatikan yang saya beri kotak merah yaitu kotak merah yang disebelah kiri dan kotak merah di tengah.

kita bahas dulu yang kotak merah disebelah kiri.

  1. New-> fungsinya untuk membuat folder, kemudian upload file, folder dan membuat halaman baru dari semua apps yang ada di google seperti : google sheet, doc, powerpoint, jamboard, google form, google site,dll
  2. Share with me–> menu ini berisi tentang semua file-file yang kita share atau file share dari orang lain.
  3. Recent –> menu history yaitu menampilkan informasi file apa saja yang barusan kita buka melalui google drive ini.
  4. Starred –> fungsinya ini hampir sama dengan bookmark yang ada di browser, yaitu untuk memberika tanda / penanda file yang kita anggap penting.ketika file banyak maka dengan mudah kita bisa mencari file-file yang penting tersebut
  5. Trash –> adalah tempat menampung file-file yang sudah kita hapus dari google drive
  6. Storage –> memberikan informasi berapa storage yang sudah kita pakai.jika kita menggunakan versi yang gratis maka akan menampilkan informasi sisa storage yang terpakai dari 15GB
  7. Get Drive For Desktop –> fungsi untuk mengakses google drive secara desktop dan bisa juga untuk mengsinkronkan dengan file yang ada dikomputer kita.

kalau kotak merah ditengah adalah tempat file-file atau folder -folder yang sudah kita upload di google drive.

jadi ketika melihat gambar diatas anda bisa membayangkan seolah-olah seperti hardisk yang ada di komputer / laptop anda.oleh karena supaya memudahkan saya saran file-file yang diupload ditata dengan rapi misalnya file bisa dikelompoknya berdasarkan folder.

ok langsung saya caranya mengupload file ke google drive :

    1. Klik New
      new file google drive
    2. setelah itu anda bisa membuat folder terlebih dahulu / atau anda bisa membuat folder dikomputer dulu.
    3. jika langsung membuat folder di google drive silahkan klik folder.
      new folder
    4. silahkan tulisan nama foldernya kemudian klik create, pada percobaan kali ini saya akan membuat folder dengan nama percobaan.
    5. setelah klik create maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
      cara membuat folder
    6. untuk mengisi folder yang baru kita buat dengan berbagai file, silahkan klik foldernya kemudian klik new->upload file->pilih file yang mau di upload
  1. selain itu kita juga bisa langsung upload file folder. caranya silahkan klik new kemudian pilih upload folder, maka folder akan terupload di google drive kita.
    upload folder

Cara download file

untuk download file ini caranya hampir sama dengan cara upload file.silahkan buka google drivenya kemudian pilih file atau folder yang akan di download, berikut ini adalah cara step by stepnya.

  • open google drive
  • pilih file yang mau di download kemudian klik kanan, setelah itu klik download
  • otomatis file akan ke download di komputer anda.

download file folder di google drive

berdasarkan gambar diatas untuk download file / folder sangat mudah..tinggal klik kanan folder / file hingga muncul gambar seperti diatas kemudian klik download, maka file / folder sudah ke download.

Cara Share link file / folder

kalau kita terhubung kejaringan komputer, pasti sudah kenal yang namanya share folder, yaitu kita berbagi informasi atau file dengan komputer lain.

sama juga yang terjadi di google drive, kita juga bisa berbagi file dengan orang lain atau sering dikenal dengan nama share link.

berikut ini adalah step by step cara share link :

  • klik kanan file / folder yang mau dishare
  • kemudian pilih share / get share link
    share link google drive
  • setelah klik change seperti pada gambar diatas anda bisa melakukan pengaturan share ini.
  • berdasarkan gambar diatas anda bisa memilih opsi apakah file yang anda share bisa rubah(edit, update, delete) atau file yang anda share cuma dilihat / view saja
  • jika anda pilih opsi viewer, maka file anda cuma bisa dilihat saja
  • jika anda pilih opsi editor, maka file bisa dirubah atau edit
  • setelah itu klik copy link
  • kemudian tekan tombol done.

Cara menggunakan google drive di desktop komputer.

manfaat yang didapatkan ketika menggunakan google drive desktop ini adalah kita tidak perlu lagi membuka browser ketika mau mengakses file digoogle drive,manfaat kedua adalah kita bisa mensikronkan file yang ada di komputer dengan google drive.

langkah pertama yang harus dilakukan adalah silahkan download dulu google drive desktop yang ada di UI ketika kita membuka google drive melalui browser.

download google drive desktop

setelah didownload silahkan lakukan installasi.caranya tinggal klik saja file yang baru anda download tadi kemudian ikuti petunjuk yang ada disitu.tunggu sampai proses instalasi selesai hingga muncul tampilan seperti dibawah ini

tampilan google drive desktop

kemudian silahkan klik tombol get started, setelah itu silahkan memasukan email gmail dan password gmail kemudian klik next

google drive desktop

setelah anda klik tombol next pada gambar diatas maka akan muncul tampilan dibawah ini

ok saya akan menjelaskan beberapa item penting yang ada pada gambar diatas mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor 6 beserta fungsinya masing-masing.

  1. Drive / media penyimpanan dilaptop / komputer yang dikenali oleh google drive desktop,kita bisa memilih drive mana yang mau dibackup di google drive, dan defaultnya semuanya tercentang.
  2. berhubung saya tidak mensinkronkan semua hardisk saya ke google drive, saya akan menggunakan 1 folder untuk disinkronkan dengan google drive.caranya anda bisa klik tulisan choosen folder, nanti akan muncul kotak disampingnya.
    kemudian silahkan memilih folder mana yang akan di sinkronkan ke google drive( dalam hal ini saya memilih folder coba1 (nomor 5).setelah folder diklik silahkan klik tombol nomor 6
  3. ada 2 opsi yaitu high quality atau original quality
  4. Anda bisa menggunakan google drive apps yaitu google photo untuk menyimpan foto-foto anda ke google drive

setelah melakukan setting diatas langkah selanjutnya silahkan klik next,maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

sinkronisasi google drive1

saya akan menjelaskan item-item yang saya beri tanda merah.di step ini kita akan melakukan sinkronisasi folder yang ada di komputer kita dengan yang ada di google drive.

apa itu sinkronisasi folder di komputer dan google drive.analoginya misalnya kita menaruh file di folder coba1 tadi, maka ketika kita akses google drive isi filenya sama seperti yang ada dikomputer kita.

ok saya akan menjelaskan item 1-4 :

  1. ketika kita pilih centangnya seperti pada gambar diatas maka google drive akan melakukan sinkronisasi dengan folder yang ada dikomputer kita
  2. letak folder yang akan disinkronkan dengan google drive.untuk merubah folder mana yang akan disinkronkan anda bisa klik link yang nomor 4
  3. Tipe sinkronisasi yang diinginkan..opsi 1 semua akan disinkronkan atau opsi 2 hanya tertentu saja yang akan disinkronkan

setelah kita melakukan setting pada langkah diatas silahkan klik tombol start.setelah klik tombol start maka proses setting google drive desktop selesai.

cara menggunakan google drive di hp / handphone / smartphone

kita sudah belajar bagaimana cara menggunakan google drive melalui browser ataupun menggunakan desktop google drive.disub bab ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan google drive di smartphone kita.

langsung saja silahkan buka aplikasi handphone anda kemudian cara aplikasi drive.jika belum ada silahkan masuk diplaystore, kemudian silahkan search google drive kemudian install aplikasinya.

drive handphone

setelah anda klik icon diatas maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

tampilan mobile drive

untuk upload file dan folder serta untuk mengakses google drive apps silahkan klik tanda plus atau tanda panah diatas hingga muncul tampilan seperti dibawah ini.

upload file drive mobile

Apps yang ada digoogle drive

selain sebagai media penyimpanan google drive juga menyediakan beberapa apps yang bisa kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita.

berikut ini adalah beberapa aplikasi yang sering digunakan ketika menggunakan google drive:

  1. google docs
  2. google sheets
  3. google slides
  4. google form
  5. dan masih banyak aplikasi lainnya

untuk pembahasan lebih detil tentang apps yang ada di google drive saya akan membahasnya secara terpisah.siilahkan klik link diatas atau klik link ini.

demikian pembahasan tentang google drive semoga bermanfaat.