Tutorial menjadi master google drive dan fitur lainya (Doc, slide, sheet, form, drawing)

Posted on

jika anda tertarik untuk mempelajari tentang google drive secara dalam baik dari segi fitur, manfaat, dan aplikasi-aplikasi pendukung lainya, maka anda tepat sekali mengunjungi halaman ini.

saya akan membahas secara detail tentang apa itu google drive, manfaat, cara menggunakan, dll serta fitur-fitur lainya seperti google docs, google sheet, google docs, google form, google classroom, jamboard, maps, dll.

kemudian bagaiamana sih mengintegrasikan layanan atau fitur-fitur diatas, misalnya saja salah satu manfaatnya adalah kita bisa menggunakan tools diatas untuk meningkatkan kinerja kita dalam hal belajar, bekerja, dll.

Apa itu google Drive

google drive merupakan salah satu layanan penyimpanan dari google dimana file yang disimpan diletakan di cloud server dan sistem ini bisa melakukan sinkronisasi lintas devices.

yang dimaksud sinkronisasi disini adalah ketika kita mengakses file kita di google drive dari komputer kemudian melakukan perubahan terhadap file tersebut maka otomatis file akan berubah sesuai dengan perubahan yang terbaru.

Apa saja file yang bisa disimpan di google drive ?

google drive konsepnya sama seperti hardisk yang kita punya di laptop atau komputer kita, jadi file apapun bisa kita simpan didalam media penyimpanan ini. seperti file bentuk dokumen seperti : pdf, file office atau file yang terkompres.

selain file diatas google drive juga bisa menyimpan file-file yang bentuknya multimedia atau grafis seperti file video dan foto. dan masih banyak file-file lain yang bisa kita simpan di google drive.

layanan google drive ini ada yang versi gratis dan berbayar.kalau kita menginginkan media penyimpanan yang gratis dari google kita mendapatkan space 15 GB.

fasilitas lain yang kita dapatkan saat kita menggunakan versi yang gratis adalah kita bisa sharing file antara google drive, google photo dan layanan email gmail.

tapi kalau anda menginginkan kapasitan penyimpanan yang lebih besar dari 15GB anda bisa berlangganan di google drive caranya silahkan buka browser anda dan ketikan drive.google.com kemudian disisi kiri bawah silahkan klik buy storage.

google drive

setelah anda klik tanda panah seperti gambar diatas maka akan muncul windows baru seperti dibawah ini.

paket google drive

diatas adalah list daftar paket layanan storage dari google dengan harga mulai dari 26.900 /bulan dengan kapasitas 100 GB, kemudian ada harga 43000 / bulan dengan kapasitas 200 GB dan yang paling besar dengan storage 2 TB dengan harga 135000 / bulan.

Mengapa kita kok menggunakan google drive?

Alasan pertama kenapa kita perlu menggunakan google drive adalah free.lumayan khan kita mendapatkan media penyimpanan gratis sebesar 15BG.

alasan yang kedua adalah terkai dengan sekuriti, kita semua tahu google merupakan salah satu raksasa dibidang it yang mempunyai banyak platform mulai dari layanan sofware dan layanan infrakstrukturnya.

alasan yang ketiga adalah kita bisa mengakses file-file kita yang ada digoogle drive dimanapun kita berada dan selama ada koneksi internet.jadi kita tidak perlu membawa file yang harus tersimpan di flasdisk atau hardisk eksternal.

selain itu kita juga bisa melakukan upload dan share file everywhare anywhare, ini merupakan salah satu fasilitas yang keren juga ketika kita harus bekerja dalam tim.atau kalau anda seorang pengajar bisa memanfaatkan ini untuk mengurangi siswa / mahasiswa contekan dalam mengerjakan tugas..untuk lebih detil nanti silahkan baca di materi tentang google docs.

alasan yang lain lagi kenapa memilih google drive adalah karena ada fasilitas backup dan sync feature serta ada fitur menarik lainnya seperti kolaborasi dokumen dengan permission.

salah satu fitur yang penting lagi yaitu 2 step verification authentication ini merupakan salah satu metode keamanan dengan menggunakan 2 verifikasi yaitu selain menggunakan password biasanya menggunakan verfikasi HP atau sms ke nomor handphone.

dalam artikel ini nanti saya akan sharing step by step tentang bagaimana cara membuat account di google, bagaimana cara mengintegrasikan account google kita ke google drive, termasuk tips dan trik berikut ini adalah gambaran materi tentang google drive ini :

  1. Membuat akun google

    sebelum kita membuat akun google hal utama yang harus disiapkan adalah menentukan nama email kemudian setelah itu silahkan download google drive versi desktop untuk detil cara atau langkah-langkah silahkan klik link membuat akun google.

    untuk anda yang sidah paham cara membuat email kemudian sudah punya google drive yang desktop atau sudah bisa cara membuka google drive dengan berbagai cara bisa melewati materi ini.

  2. setting / download google drive untuk desktops / fitur , apps, backup, sync, file sharing

    biasanya kita lebih sering mengakses google drive dari browser, tapi sebenarnya kita juga bisa mengakses melalui laptop kita dengan model desktop.untuk detil bagaimana caranya silahkan klik link setting / download google drive untuk desktop.

  3. Fitur, Setting , Tips & trik tentang google docs

    Bagaimana cara menggunakan google docs untuk keperluan kita bagik untuk pekerjaan atau pendidikan.salah satu bagaimana memanfaatkan google docs untuk kolaborasi secara tim

  4. Fitur, setting, tips dan trik tenteng google slide

    Membahas tentang tips dan trik seputar google slide dan apa saja fitur-fiturnya yang bisa kita manfaatkan.

  5. fitur, setting, tips dan trik tentangĀ  google sheets

    Bagimana cara menggunakan google sheets kemudian apa saja tips dan trik yang bisa kita lakukan untuk mempermudah pekerjaan kita.

  6. cara membuat google form, tipe form & sharing

    Bagaimana cara membuat google form beserta cara prakteknya berdasarkan beberapa studi kasus seperti form survey, ujian online dll

  7. google drawing

    google drawing merupakan salah satu fasilitas dari google secara gratis yang bisa digunakan sebagai canvas untuk menggambar.

  8. google my map vs google maps

  9. google calender

  10. google keep

  11. google tasks

  12. google jam board

  13. Cara membuat website profesional dg Google sites

  14. google classroom

  15. Apps to google drive

diatas adalah gambaran meteri-materi yang akan saya bahas nantinya,anda bisa mulai klik materi dari no 1 -18 untuk melihat detil apa saja yang ada didalamnya.

apa saja gambaran nantinya yang akan anda pelajari di setiap babnya!berikut ini adalah gambaran yang anda dapatkan ketika nanti klik materi dari nomor 1-18 :

  • Bagaimana cara menggunakan google drive
  • pembahasan detil tentang fitur-fitur yang ada di google drive 2020 dan integrasi aplikasi yang ada didalamnya
  • Belajar tips dan trik bagaimana cara menggunakan google drive serta integrasi aplikasi yang ada didalamnya supaya bisa meningkatkan produktifitas kita dalam belajar maupun bekerja
  • setting akun google dan setting google drive di dekstop
  • My drive dan komputer
  • Sharing file, Recent file, dll
  • Informasi kapasitas dari google drive
  • Cara membuat file, folder, upload file dan upload folder
  • cara memanfaatkan fitur backup dan sync file dan folder
  • Tips dan trik tentang google drive, google docs, google sheets, google slide
  • Cara menggunakan google form, google drawing, google jamboard
  • Bagaiamana membuat website menggunakan google sites
  • perbedaan google map dan my map
  • Apa itu google keep, google task dan google calender
  • dll

Tutorial ini ditujukan kepada siapapun anda baik yang sudah mengerti tentang google drive maupun yang belum tahu tentang google drive bisa untuk : pemula, siswa / siswi, Guru, Dosen, Tenaga profesional yang akan mengajarkan tentang google drive.

tutorial ini juga cocok untuk anda yang mau meningkatkan produktifitas kerjanya baik dikantor atau yang kerja dirumah.

untuk anda yang membuat website tanpa harus menguasai programing bisa menggunakan google sites yang mudah digunakan baik dari sisi setting dan pembuatanya.

demikian intruduksi dari tutorial ini, untuk memulai pembelajaran silahkan klik link mulai dari nomor 1 sampai dengan no 18, semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk anda.