cara merawat komputer

#15 Tips dan cara Merawat Komputer Yang Efektif

Posted on

Cara Efektif Merawat Komputer Lengkap – Komputer adalah salah satu teknologi masa kini yang canggih yang wajib dimiliki semua orang,karena merupakan suatu kebutuhan yang dapat mempermudah pekerjaan. Nampaknya komputer dan pc memang banyak dimiliki orang-orang,baik di rumah maupun di perkantoran. Tapi,karena komputer tak selalu berjalan dengan mulus harus ada perawatan. Kita sebagai pengguna komputer kita wajib merawat komputer dengan baik.

 

Hal ini agar mencegah kerusakan fatal yang tak diinginkan. Anda bisa mencoba tips merawat komputer ini untuk anda yang sedang mencari referensi dan juga untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan. Berikut ini kami bagikan informasinya untuk anda semua yang sedang mencari referensi.

 

Cara Merawat Komputer

 

  1. Ikuti Prosedur Yang Benar

Nyalakan dan matikan komputer sesuai prosedur yang benar. Agar komputer tak cepat rusak,bila anda menyalakan dan mematikan komputer tidak benar. Ada kemungkinan komputer cepat rusak,maka dari itu ikuti prosedur menyalakan dan mematikan komputer yang benar dan baik. Jangan terburu-buru saat akan bermain komputer.

 

  1. Pasang Antivirus Komputer

Antivirus komputer dapat anda install secara gratis dan cuma-cuma. Anda bisa mendownloadnya di internet. Seperti smadav,avira,avg antivirus dan beberapa antivirus yang layak dipasang di komputer. Hal ini bertujuan untuk melindungi komputer dari virus mematikan. Seperti ramsomware,trojan dan beberapa virus lain. Jangan sepelekan antivirus,karena sangat bermanfaat sekali untuk komputer kita.

 

  1. Pasang Deepfreeze

Sebenarnya memasang deepfreeze atau tidak tak masalah. Tapi,untuk memfilter data data dan mengamankan komputer sebaiknya dipasang. Seperti shadow mode yang baik untuk mengamankan komputer kita dari hacker dan gangguan-gangguan yang tak diinginkan.

 

  1. Uninstall Aplikasi Yang Tak Terpakai

Salah satu penyebab kinerja komputer lambat adalah terlalu banyak aplikasi yang tak terpakai. Sebaiknya kita menguninstall aplikasi yang tak digunakan,demi menjaga komputer dari kerusakan yang tak diinginkan. Maka dari itu hapus aplikasi agar komputer tetap berjalan.

 

  1. Defrag Hard Drive Secara Berkala

Defragmentasi hard drive harus dilakukan untuk menjaga kinerja komputer. Defragmentasi menyusun data terfragmentasi untuk kelancaran proses data dalam disk drive. Sistem berbasis Windows memiliki pilihan untuk defragmentasi disk. Minimal sebulan sekali ada pengecekan dan bisa langsung anda defrag hard drive pada komputer anda/

 

  1. Memiliki Stabilizer UPS

Stabilizer UPS perlu kita miliki agar tidak terjadinya tegangan listrik yang tinggi. Demi menjaga tegangan listrik saat menyalakan pc komputer,kita wajib memilikinya. Agar tegangan listrik tak koslet. Ketika komputer secara langsung dimatikan tanpa melakukan proses mematikan dengan normal  dan benar akan dapat menyebabkan kegagalan sistem dan hard drive. Jika Anda mematikan komputer secara benar dan baik hard drive akan tetap benar dan tak mengalami kerusakan.

 

  1. Bersihkan File Sampah

Untuk kelancaran komputer, file sampah dalam komputer anda harus dibersihkan secara rutin. Saat mengakses beberapa aplikasi dan berselancar di internet menyimpan file sampah sementara. Web browser menyimpan cache, cookies, formulir & Riwayat pencarian dan file lainnya. File browser web sementara ini dapat membuat browser anda berat, jika tidak dibersihkan.

 

CCleaner adalah aplikasi optimasi PC dan perangkat lunak pembersih yang dapat membantu anda dalam membersihkan file sampah. Ini akan membersihkan file sementara, mengoptimalkan dan mempercepat komputer Anda. Selain itu jangan lupa untuk cek folder recyle bin,bila masih belum terhapus bisa anda hapus permanen dari komputer anda.

 

  1. Update OS Dan Update Perangkat Software Berkala

Komputer Anda akan meminta anda jika ada pembaruan software dan operating system. Perlu diperbarui agar software anda tetap canggih. Termasuk sistem operasi untuk memperbaiki bug, gangguan, dan kerentanan versi sebelumnya. Mereka juga memperkuat keamanan komputer anda. Beberapa komputer melakukan update otomatis dan ada juga update secara manual.

 

  1. Mengamankan cadangan file Anda

Terkadang, masalah komputer dan masalah datang tanpa diduga. Penyebabnya bisa karena serangan Cyber hacker atau pemadaman listrik. Cara terbaik adalah mengamankan file dan dokumen Anda terlebih dahulu. Ada dua cara untuk mencadangkan data Anda. Pertama, anda dapat menggunakan penyimpanan di mana anda dapat mengupload salinan file dan dokumen anda melalui internet. Yang kedua adalah melalui perangkat penyimpanan eksternal. Pastikan untuk memiliki beberapa backup data penting agar tak bingung.

 

10.Aktifkan firewall

Virus dapat menembus sistem komputer Anda melalui internet. Hal ini penting untuk mengaktifkan firewall Anda. Firewall bertindak sebagai gerbang atau penghalang yang menyaring data dari mendapatkan akses tidak sah ke sistem komputer. Biasanya, komputer memiliki built-in firewall. Tetapi jika Anda ingin memperkuat keamanan, menginstal firewall untuk menjaga komputer anda agar tidak mudah diakses dan diretas oleh hacker.

 

11.Memformat Ulang Komputer

Jika komputer anda sangat penuh dengan virus dan file, mempengaruhi kinerja PC dan mungkin membuat susah untu dipakai. Anda bisa memformat ulang komputer. Tentu saja, sebelum melakukan format ulang pastikan anda membackup file anda. Memformat akan membuat komputer kembali ke pengaturan awal. Setelah format komputer jangan lupa untuk install driver driver pada komputer.

 

  1. Bersihkan Monitor Komputer Anda

Ketika kita sering menggunakan komputer, kita lupa membersihkan komputer secara eksternal,terutama layar monitor komputer. Seperti peralatan lain, komputer perlu pembersihan rutin. Kami menyarankan agar anda menggunakan kain lembut atau tisu khusus dalam membersihkan layar komputer Anda dan beberapa bagian eksternal lainnya dari komputer Anda. Singkirkan debu, noda, kotoran, dan yang lain agar komputer tetap terjaga baik. Selain itu cek cpu setiap bulan,bila ada debu bersihkan bagian ram dan sekitar motherboardnya agar tidak rusak.

 

13.Bantalan Pendingin

Faktor lain yang mempengaruhi kinerja PC terlalu panas. Ketika Anda menggunakan komputer Anda untuk jangka waktu yang lebih lama, pertimbangkan untuk membeli kipas pendingin kecil khusus untuk komputer.  Karena saat komputer terlalu lama digunakan fan akan menjadi panas. Membuat kita wajib mendinginkannya menggunakan kipas atau bantalan pendingin.

 

  1. Jauhkan Komputer Dari Air

Air dapat merusak komputer secara serius,maka dari itu jauhkan komputer pc anda dari air. Jangan minum air dekat komputer,meletakan minuman dekat komputer. Agar tidak tumpah dan membuat komputer rusak. Walaupun sederhana,tetapi hal ini wajib diperhatikan. Karena komputer yang terkena air bisa koslet,rusak dan mengalami kerusakan yang serius.

 

 

  1. Lindungi Komputer PC

Lindungi dekstop dari hal hal lainnya yang tak diinginkan dengan cara menaruh kain pada komputer atau mungkin mencoba membeli pelindung komputer atau membeli taplak untuk menutup monitor,cpu dan perangkat komputer lain. Dengan begitu debu takkan menempel serta juga membuat komputer aman dari gangguan hewan.

 

Itulah tadi 15 cara merawat efektif merawat komputer yang bisa dijadikan referensi. Walaupun sederhana,tetapi tips diatas benar benar sangat bermanfaat untuk menjaga komputer anda dari kerusakan yang serius dan kerusakan yang tak diinginkan. Semoga dapat menambah wawasan anda,terima kasih telah membaca artikel ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *